Powered By Blogger

Minggu, 02 Oktober 2011

Negara Terkecil di Dunia


1. Vatikan
Terletak di dalam kota Roma, Vatikan adalah negara yang diakui secara internasional kendati tidak diakui oleh PBB. Sekitar 900 orang hidup di negara itu dalam wilayah yang luasnya cuma 0,44 kilometer persegi. Dari 900 orang itu, ada 572 yang punya kewarganegaraan Vatikan. Negara superkecil ini punya alternatif pembangkit listrik sendiri, sel-sel surya seluas sebuah lapangan sepak bola. Vatikan memiliki 50 jalan, satu stasiun kereta api dan sebuah tempat untuk mendaratnya helikopter kecil.

2. Kerajaan Monaco
 







 
Negara ini merupakan pajak sorga bagi orang-orang super kaya. Permaisurinya (almarhumah) adalah istri raja paling terkenal di dunia, Grace Kelly, mantan bintang film AS tahun 1950-an. Monaco ini dulunya didirikan oleh pendatang asal Yunani pada abad ke-5 sebagai basis dari sorganya pajak masa kini di pantai Prancis. Monaco yang luasnya 2 kilometer persegi ini sudah merdeka sejak 25 Februari 1489. Beda sekali dengan Indonesia yang punya puluhan macam dan jenis pajak, Monaco tidak memungut pajak apa pun dari orang pribadi. Tak ada pungli dari pendatang atau penduduk. Karena itu Monaco seolah menjadi magnet bagi golongan berduit segala penjuru dunia.

 3. Republik Nauru
 







 
Konon ada 12 suku yang hidup di republik mini ini. Mulai dari yang namanya suku Deiboe, Eamwidamit, Eamwidara, Eamwit, Eamgum, Eano, Emeo, Eoraru, Irutsi, Iruwa, Iwi dan suku Ranibok. Duabelas suku ini disimbolkan dengan 12 bintang di bendera kebangsaan Republik Nauru. Luas wilayahnya 14 kilometer persegi dengan populasi sekitar 13.800 jiwa. Sampai tahun 2001 republik kecil ini merupakan negara sorga karena kaya raya. Ekonominya berbasis pada pertambangan pospat. Tak ada pajak yang harus dibayar rakyatnya. Namun sejak tahun 2001, ketika pospat terkuras habis, republik ini kehilangan kemakmuran dan ekonominya kini sangat tergantung pada Australia.

4. Tuvalu
Tahun 1974 ada 9 pulau kecil sejenis atol di Samudera Pasifik yang keluar dari British Commonwealth. Kala itu gugus 9 pulau tersebut masih bernama Ellice Islands. Tahun 1978 namanya berubah menjadi Tuvalu dan diterima sebagai anggota negera merdeka di Commonwealth of Nations. Luas seluruhnya 25 kilometer persegi dan populasinya 10.500 jiwa. Mayoritas penduduk hidup dari pertanian dan perikanan. Salah satu pemasukan devisa adalah diakuinya Internet-TLD (Top Level Domain) dot tv (.tv) sebagai asal Tuvalu. Penjualan TLD .tv ini menghasilkan pemasukan uang negara sebesar U$ 50 juta setap tahunnya.

5. Republik San Marino
Republik San Marino merupakan salah satu dari 5 negara terkecil di dunia dan wujud republik tertua. Wilayah Republik San Marino terletak di tengah Itali. Sejarah lahirnya republik ini berawal pada tahun 301, ketika itu Marinus, pemahat batu adal Kroasia, lari ke bukit Titano, salah satu bukit di San Marino. Populasinya 31.500 jiwa yang menghuni wilayah seluas 6057 meter persegi. Dari populasi itu, sekitar 13.300 hidup di “luar negeri”. Ibukotanya bernama San Marino dan cuma dihuni 4345 orang saja. Kalah jumlah dengan salah satu kotanya, Serravalle yang berpopulasi 10.240 jiwa.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar