Powered By Blogger

Minggu, 23 Oktober 2011

8 Jembatan Terindah di Dunia

Berikut ini adalah 8 jembatan yang dianggap paling indah di dunia  :

1. Sidney Habour Bridge, Sidney, Australia



Jembatan ini adalah bangunan tertinggi di kota Sydney hingga tahun 1967. Menurut Guinness World Records, jembatan ini adalah yang terlebar di dunia, sekaligus sebagai jembatan lengkung berkerangka besi tertinggi di dunia dengan puncaknya berdiri 134 meter di atas permukaan pelabuhan. Jembatan ini juga tercatat sebagai jembatan lengkung besi terpanjang nomor empat di dunia.

2. Brooklyn Bridge, New York City, USA






Jembatan Brooklyn adalah salah satu jembatan suspensi tertua di Amerika Serikat. Selesai dibangun tahun 1883, jembatan ini menghubungkan borough Manhattan dan Brooklyn di New York City melintasi Sungai East. Dengan rentangan utama sepanjang Templat:Ft to m/ID, jembatan ini adalah jembatan suspensi terpanjang di dunia sejak pembukaannya hingga 1903, serta jembatan suspensi kabel baja pertama.
Awalnya diberi nama Jembatan New York dan Brooklyn, jembatan ini diberi sebutan Jembatan Brooklyn dalam surat untuk editor Brooklyn Daily Eagle tanggal 25 Januari 1867, dan dinamai begitu oleh pemerintah kota pada 1915. Sejak pembukaannya, jembatan ini telah menjadi bagian utama dari kaki langit New York. Jembatan Brooklyn ditetapkan sebagai National Historic Landmark 
pada tahun 1964 dan National Historic Civil Engineering Landmark pada tahun 1972.

3. Golden Gate Bridge, San Fransisco, USA






 Jembatan Golden Gate adalah sebuah jembatan gantung di sepanjang Golden Gate, sebuah bukaan dari Samudra Pasifik ke Teluk San Francisco. Dia menghubungkan kota San Francisco, California di Semenanjung San Francisco dan Kabupaten Marin, California. Panjang jembatan keseluruhan 2.727 m, jarak antara menara adalah 1.280 m, dan ketinggiannya adalah 230 m di atas permukaan air.
Jembatan ini adalah hasil dari Joseph Strauss, seorang teknisi yang bertanggung jawab atas lebih dari 400 gambar jembatan.

4. Kintai Bridge, Jepang







Jembatan Kintai aslinya dibangun pada 1673 dan tidak berdiri sangat lama sampai rusak karena banjir. Saat itu dibangun kembali dan bertahan selama lebih dari 200 tahun sampai hancur dan rusak pada 1950. Jembatan yang sekarang berdiri di atas Sungai Nishiki dibangun untuk ketiga kalinya dengan tampak megah, di kelima lengkungan kayu 5 tampak detail dan keahlian yang luar biasa. Fakta menarik: tidak ada paku atau baut yang digunakan untuk membangun lengkungan, hanya penjepit dan kawat.

5. Henderson Waves, Southern Ridges, Singapura







Jembatan ini merupakan jembatan Pejalan kaki terindah.
Jembatan bergelombang Henderson yang tertinggi di Singapura ini memiliki ketinggian 36 meter atau 12 lantai. Link jembatan ini sepanjang 300 meter dari taman di Mount Faber dan Telok Blangah Hill. Jembatan ini memiliki gelombang unik terdiri atas tujuh bergelombang baja melengkung “tulang rusuk” yang bergantian naik turun di atas dan di bawah deck. Melengkung “rusuk” bentuk ceruk ini berfungsi sebagai tempat penampungan dengan tempat duduk di dalam dan juga untuk menampung sejumlah besar orang selama acara publik.
Pada siang hari, seseorang dapat menikmati pemandangan habour sambil berdiri. Di tingkat 12, gelombang bentuk akan menyala dengan lampu LED yang menarik setiap pukul 7:00-02:00 setiap hari dan akan memberikan sebuah jembatan cahaya yang menerangi, menawarkan malam yang indah indah pemandangan kota

6. Bosphorus Bridge, Istanbul, Turki








Jembatan Bosporus (bahasa Turki: Boğaziçi Köprüsü) adalah sebuah jembatan yang terletak di Istanbul, Turki. Jembatan sepanjang 1.510 m ini merentang di atas Selat Bosporus. Bosporus selesai dibangun pada 30 Oktober 1973.

7. Charles Bridge, Prague, Crezh Republic






Jembatan Charles yang terkenal membentang pada Sungai Vltava di Praha. Penghubung ‘negeri-solid’ ini telah menjadikan Praha penting sebagai jalur perdagangan antara timur dan barat Eropa. Jembatan ini awalnya disebut Jembatan Batu atau Jembatan Praha tetapi telah menjadi “Jembatan Charles” sejak 1870.

Arsitek dan pengembang favorit Raja Charles IV, Peter Parler, yang mula-mula membangun jembatan masa-kini tersebut. Ide awal saat itu adalah untuk membangun sebuah konstruksi fungsional untuk turnamen jousting (bertempur menggunakan tombak tumpul antar 2 ksatria sambil berkuda), dan selama bertahun-tahun dekorasi satu-satunya pada jembatan itu adalah sebuah salib sederhana. Kemudian, bagaimanapun, keinginan pihak Katolik akan ornamen telah menyebabkan dibangunnya 30 patung (1600-1800 AD).

8. Tower Bridge, London







Jembatan Menara (bahasa Inggris: Tower Bridge) adalah jembatan yang membentang di atas Sungai Thames di London, Inggris Raya. Jembatan ini mengabungkan dua desain jembatan yaitu angkat dan gantung. Letaknya yang berdekatan dengan London Tower membuat jembatan ini diberi nama Tower Bridge.

Semoga bermanfaat.....
Ada yang mau nambah....?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar